Sabtu, 19 Februari 2011

8 Tips Lulus UN

Pengen tahu rahasia dibalik kesuksesan mereka yg sudah menempuh UN ? Nggak perlu bingung, baca aja artikel di bawah ini .....



1. Say No To SKS (sistem kebut semalam)
Maksimalkan usaha keras kita dalam belajar 2 minggu sebelum hari H. Kalau bisa, buatlah rangkuman mata pelajaran UN dalam sebuah notes kecil. Jadi, waktu kita mau belajar, tinggal buka aja notes itu. Nah, seminggu sebelum UN, lebih baik kita gunakan untuk beristirahat & refreshing. Lupakan segala aktifitas yg berhubungan dengan belajar. Supaya otak kita bisa rileks. Saat otak kita rileks, apa yg sudah kita pelajari akan tertanam lebih kuat di kepala. Kalau memang dirasa perlu, kita boleh membuka notes itu di minggu tenang, sekadar pengingat aja. Tapi jangan diforsir yah. Yakin deh bisa =DDD


2. Keep Praying
Kita kan cuma bisa berdoa & berusaha, sisanya Tuhan lah yg menentukan. So, biar hati & pikiran lebih mantap & tenang saat mengerjakan soal UN, jangan lupa banyak-banyak berdoa. Oh ya, pastikan kalian minta doa juga dari orang tua, keluarga & guru-guru di sekolah. Semakin banyak yg mendoakan semakin bagus kan ?



3. Siapkan Senjata
Istilahnya, UN tuh perang. So, senjata yg kita siapkan harus lengkap. Pastikan alat tulis kita sudah lengkap. Pulpen, penggaris, pensil 2B, rautan, penghapus, papan alas ujian, semua sudah masuk tas kan ? Kalau perlu bawa tissue, untuk jaga-jaga. Siapa tahu kita keringetan.



4. Ketawa Ngakak
Sebelum masuk ke dalam kelas untuk ‘berperang’, coba bercanda dulu sama teman-teman. Cerita hal-hal yg lucu & ketawa ngakak sepuasnya, biar nggak nervous. Selain bisa menghilangkan rasa panik & mules, penelitian University of California juga mengatakan, tertawa dapat merangsang kerja otak lebih positif. Yey! Pasti sukses deh ujiannya.



5. Sarapan
Jangan lupa di hari penting itu, kita harus sarapan! Usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, kalau nggak mau makan nasi, yah cari menu lain. Misal, kita bisa memilih menu roti gandum utuh, oatmeal, sereal gandum, bubur kacang hijau / tempe. Soalnya, karbohidrat ini berguna untuk memacu hormon serotonin yg bikin pikiran kita jadi rileks. So, breakfast indeed, very important.

6. Cari Inspirasi
Waktu udah mulai mengerjakan soal ujian, & tiba-tiba kita merasa pusing mikirin jawaban untuk soal yg susah, coba deh usap lingkaran luar telinga kita. Usap telinga kanan dengan tangan kanan & telinga kiri dengan tangan kiri. Gerakan simple ini bisa bikin otak kita jadi lebih rileks, mikir pun lebih cepat.



7. Minum Teh
Sebelum berangkat ke tempat ujian, sempatkan dulu untuk minum secangkir teh. Penelitian di Inggris membuktikan, teh mampu mengurangi hormon stres dalam darah.

8. Olahraga Singkat
10 menit sebelum ujian dimulai, coba cari posisi senyaman mungkin di tempat duduk kita. Lalu lipat kedua tangan ke belakang punggung, tarik bahu & kepala kita ke belakang, lalu tarik napas dalam-dalam. Nah, pada saat kita merasa capek di tengah-tengah ujian, coba angkat tangan kita ke atas, ke bawah & ke samping kanan & kiri. Lalu lakukan gerakan meremas-remas. Olahraga singkat ini berguna untuk membuat kita lebih tenang & rileks.

Selamat berjuang yah kawan, yakin deh pasti bisa =DDDDDDDDDDDDDDDDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar